FRESH 10 NASIONAL

107841107838107847107848

           Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat telah selesai mengadakan event nasionalnya yang bernama FRESH. FRESH merupakan program kerja dari Departemen Non Akademik yang kegiatannya berskala Nasional .Yang mana FRESH kali ini merupakan FRESH yang ke-10. FRESH sendiri merupakan singkatan dari Friendly Event To Share Our Health dan pada tahun ini mengangkatkan tema “ Creating Healthy Life style To Gain Healthy Generation”.

            Selain bertujuan untuk mengadakan perlombaan FRESH sekaligus untuk memperingati hari kesehatan nasional dan hari ulangtahun Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang jatuh pada tanggal 12 November setiap tahunnya. FRESH menjadi ajang silahturahmi dan berlombanya Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dan siswa SMA Sederajat Se Kota Padang.

            FRESH 10th memiliki 3 kategori lomba yaitu Brain (Lomba Debat dan Speech Contest), Body (Futsal dan Basket Ball fullteam), dan Behaviour (Solo song, Photography, Poster dan Acoustic Contest).Dan diikuti oleh kurang lebih 25 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia dan beberapa SMA di Kota Padang,

            Pembukaan FRESH 10th dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FKM Unand, Dr. Masrizal Dt Mangguang, S.K.M., M.Biomed. Pembukaan Fresh 10th dilaksanakan di Aula Kemenag Kota Padang, Sumatera Barat pada tanggal 10 November 2017 dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan dari KM FKM Unand serta beberapa peserta dan delegasi.

            Setelah Pembukaan, rangkaian lomba FRESH 10th resmi dimulai dengan lomba pertama kategori body yaitu Basket dan Futsal. Lomba basket dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 11-12 November 2017 yang bertempat di Lapangan Basket SMA N 1 Padang. Pertandingan basket ini diikuti oleh tingkat mahasiswa se – Sumatera Barat dimana tim basket FIK Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil meraih juara 1 lomba basket FRESH 10th sedangkan untuk juara 2 diraih oleh tim basket FISIP Unand dan juara 3 diraih oleh tim basket Politeknik Negeri Padang (PNP). Sementara itu,  di kategori body yang lain, yaitu futsal. Lomba futsal ini dilaksanakan selama 3 hari di Glory Futsal dari tanggal 15-17 November 2017. Berbeda dengan basket, kali ini lomba futsal diikuti oleh mahasiswa se-Sumbar dan Riau dimana tim futsal Stikes Hang Tuah Pekanbaru berhasil meraih juara 1 sedangkan untuk juara 2 diraih oleh tim futsal FKM Unand dan juara 3 diraih oleh tim futsal Stifarm Padang.

            Pada kategori brain terdapat lomba Speech Contest dan Debat. Speech Contest dibuka untuk mahasiswa se Indonesia bidang kesehatan yang dilaksanakan tanggal 13 November 2017 dan bertempat di gedung Seminar I, Universitas Andalas. Juara 1 speech contest diraih oleh Fathia K. Dianti dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), juara 2 diraih oleh Rexsa Agustian dari Stikes Hang Tuah dan juara 3 diraih oleh Intania dari FKM Unand. Sementara itu, lomba debat tak kalah serunya dengan lomba-lomba yang lainnya. Lomba debat dibuka untuk mahasiswa bidang kesehatan se Indonesia dimana tahun ini lomba debat FRESH 10th diikuti oleh 16 tim dari sabang sampai merauke seperti tim debat dari Universitas Cendrawasih. Lomba debat dilaksanakan pada tanggal 14 November 2017 yang bertempat di gedung FKM Unand. Juara 1 lomba debat diraih oleh tim debat FK Unand, juara 2 diraih oleh tim debat FKM Universitas Sumatera Utara (USU) dan juara 3 diraih oleh tim debat Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM).

            Kategori lomba yang ke tiga yaitu behaviour yang berisi 3 lomba yang terdiri dari lomba solo song, poster, dan fotografi. Lomba solo song memiliki dua tingkat yaitu tingkat mahasiswa dan tingkat siswa. Untuk tingkat mahasiswa, lomba solo song dapat diikuti oleh mahasiswa umum se Kota Padang, begitu juga untuk tingkat siswa. Lagu-lagu yang diperlombakan adalah lagu minang dan lagu yang hits di kalangan remaja Indonesia. Juara 1 lomba solo song tingkat mahasiswa yaitu Nurul Hanifa dari FKM Unand, juara 2 diraih oleh Yogi Apriadi dari Stikes Hang Tuah dan juara 3 diraih oleh Nilam Putri Sari dari Akfar Prayoga serta juara favorit lomba solo song diraih oleh Annisa Latifa Utari dari FKM Unand.

            Selain solo song, FRESH 10th juga mengangkatkan lomba poster dan fotografi. Untuk lomba poster dan fotografi peserta cukup mengirimkan karya nya ke email yang fresh dan dapat mengirimkan karyanya dari awal pendaftaran sampai akhir pendaftaran. Karya-karya peserta lomba poster dan fotografi di upload ke Instagram untuk mencari juara favorit dengan melihat likers yang terbanyak sedangkan untuk juara 1 dan juara 2 ditentukan oleh juri.Pada tahun ini juara 1 poster diraih oleh Aisyah Istia ningsih dari Kebidanan Unand, sedangkan juara 2 diraih oleh Rendi Artanto dari Stikes Hang Tuah Pekanbaru dan yang mendapatkan tegori Juara Favorit adalah Widya Ayu Prati ningsih dari Universitas Sriwijaya. Dan untuk lomba fotografi juara 1 diraih oleh Yafet Setiaji dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang, sedangkan juara 2 diraih oleh Rahmad Ramadhan dari Universitas Negri Padang. Dan yang mendapatkan kategori juara terfavorit adalah Hadi Rahmad Saputra dari Stikes Hang Tuah Pekanbaru.

            Tanggal 18 November 2017 rangkaian acara FRESH 10th resmi ditutup disertai dengan pemotongan kue ulangtahun FKM Unand dalam rangka merayakan ulangtahun FKM. Penutupan FRESH 10th berlangsung dengan meriah dengan tema Hypster. Kegiatan penutupan ini dilaksanakan di Aula RRI Kota Padang yang dimulai dari jam 19.00 WIB-22.00 WIB. Pada acara penutupan ini telah diumumkan pemenang lomba dan pemberian hadiah kepada pemenang. Selain itu, para peserta dan undangan yang hadir berkesempatan untuk menjadi pemenang dari Best Costume dan Best Photo Contest. Di akhir acara para undangan dihibur oleh penampilan akustik dari Club Seni FKM Unand.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *