PENGMAS CARE



pengmas care

Jum’at-Sabtu (13-14 Oktober 2017), telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas dan IKASMANTRI ’98 (Ikatan Alumni SMA Negeri 3 1998), yang bertempat di SMA Negeri 3 Padang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertemakan “Generasi Emas Tanpa Pergaulan Bebas Untuk Indonesia Cerdas”, yang bertujuan untuk menanamkan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja kepada siswa/i SMA Negeri 3 Padang, sekaligus pengenalan Fakultas Kesehatan Masyarakat  Universitas Andalas ke SMA Negeri 3 Padang.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh FKM Unand dan IKASMANTRI ’98  dengan penanggung jawab Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD selaku Dekan FKM Unand dan Afridian Wirahadi SE, M.Sc, Ak, CA selaku Ketua Umum IKASMANTRI ’98, serta ketua pelaksana kegiatan berasal dari Mahasiswa FKM Unand yakni Satria Negara.

Kegiatan ini dimulai dengan tari pasambahan, dan dibuka langsung oleh Walikota Padang. Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Padang, Ketua IKASMANTRI ’98, Kepala Sekolah SMAN 3 Padang, Dekan dan wakil Dekan I, II, dan III FKM Unand serta civitas akademis FKM UNAND.

pengmas care smantri

Pada hari pertama (Jumat, 13 Oktober 2017) kegiatan dimulai pada pukul 07.15 WIB. Diawali dengan tari pasambahan, pembukaan oleh MC formal, dan pembukaan acara secara resmi oleh Walikota Padang. Kegiatan selanjutnya pengenalan FKM Unand, Pre-test dan pemberian materi, dan kegiatan konseling. Hari kedua dilanjutkan dengan penyuluhan terkait narkoba dan HIV/AIDS, kemudian games tentang materi yang sudah diberikan dan tentang FKM Unand, diakhiri dengan pembagian doorprize dan pembagian hadiah bagi pemenang games, yang selanjutnya diakhiri dengan foto bersama.

Bapak walikota memberikan respon positif serta dukungannya terhadap kegiatan ini karena menurut beliau remaja-remaja masa kini rentan akan pergaulan bebas dan perlu diberikan edukasi tentang kesehatan reproduksi remaja.   

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk adik-adik agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif. Karena kalian masih muda jadi mau berbuat apa dan jadi apa kalian tergantung diri kalian sendiri” pesan yang disampaikan oleh Dekan FKM Unand yang juga merupakan alumni dari SMA Negeri 3 Padang.

Harapan kedepannya semoga acara ini dapat terus berlanjut, terutama dalam mengedukasi siswa/siswa SMA/sederajat agar lebih memperhatikan kesehatan reproduksinya dan terhindar dari seks bebas dan penyakit HIV/AIDS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *